Jumat, 14 Juni 2013

TIPS SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata adalah organ yang sangat fital di dalam tubuh kita sudah selayaknya kita menjaga baik-baik agar tidak mengalami gangguan, berikut ini adalah tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata :
  1. Makan wortel : wortel dipercaya sejak dulu mempunyai manfaat bagi mata, dan sudah terbukti juga secara ilmiah, wortel mengandung beta-karoten, nutrisi yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Beta-karoten berguna untuk menjaga kesehatan mata anda.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan zat seng : sebagai pengganti wortel, anda bisa cari multi vitamin yang mengandung vitamin tersebut, meski tak memiliki khasiat sebaik dengan sayuran alami, namun setidaknya bisa membantu menjaga kesehatan mata anda.
  3. Melatih mata : latihlah otot mata anda dengan rutin dengan cara sederhana yang bisa anda lakukan,dengan rutin melatih mata, maka peredaran darah akan lebih lancar, meski melatih otot mata tidak begitu bisa membantu mengurangi minus atau membantu kemampuan melihat anda secara instant, namun latihan ini bisa membantu mengurangi kelelahan dan membantu mata bekerja dengan baik.
  4. Gunakan kacamata hitam : sinar UV bisa berbahaya untuk mata, sinar matahari diketahui mampu meningkatkan resiko katarak dan degenerasi otot mata. Dengan menggunakan kacamata hitam bisa mengurangi 99 persen sinar UVA dan UVB. Tak hanya melindungi dari sinar matahari tapi kacamata hitam juga akan mengurangi kelelahan mata akibat cahaya yang terlalu terang.
  5. Gunakan penerangan yang sesuai : bekerja atau beraktivitas di ruangan dengan tingkat pencahayaan yang sesuai, tidak terlalu gelap, dan tidak juga terlalu terang, terlalu gelap maupun terlalu terang bisa mengurangi kemampuan mata dalam melihat, dan mata akan cepat lelah bahkan bisa rusak. Untuk itu, sesuaikan pencahayaan dengan mata anda, agar lebih santai dan tidak terlalu bekerja keras.
  6. Atur pencahayaan monitor : melihat layar monitor terlalu lama menyebabkan mata menjadi cepat lelah yang pada akhirnya akan menyebabkan penurunan kemampuan mata dalam melihat. Solusinya atur kontras pada layar komputer, pencahayaan yang tidak terlalu terang itu lebih baik bagi mata. 
Itulah tips sederhana yang bisa anda lakukan setiap harinya, dengan menerapkan hal-hal sederhana yang ada di atas, insya Allah kemampuan mata lebih terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda