Senin, 24 Juni 2013

ANTARA GERAKAN SHOLAT DAN KESEHATAN

Anda ingin selalu sehat, tapi waktu ber olahraga sedikit, jangan khawatir berikhtiarlah dengan melakukan gerakan sholat yang benar, ibadah sholat ternyata gerakannya bisa juga menyehatkan sekaligus amalan yang mendatangkan pahala dan kecintaan Allah SWT asal di lakukan dengan benar. simaklah tips menjaga kesehatan dengan sholat berikut ini :

  1. Berdiri tegak. Gerakan ini sangat membantu kinerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sampai ke bawah dan gerakan ini membantu juga dalam melancarkan peredaran darah
  2. Takbiratul ihram. Posisi tubuh : berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu, lalu di lipat di depan dada. Manfaat gerakan ini : melancarkan peredaran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan, saat mengangkat kedua tanggan posisi otot bahu meregang, sehingga aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar, serta menghindarkan gangguan persendian khususnya sendi bagian atas
  3. Gerakan rukuk. Posisi tubuh : membungkuk 90 derajat, posisi kepala lurus dengan tulang belakang mengarahkan pandangan ke tempat sujud. Posisi rukuk yang sempurna di tanndai dengan punggung yang lurus sehingga bila di letakkan bejana berisi air di atasnya tidak akan tumpah. Manfaat gerakan ini : menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tilang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak sehingga peredaran darah begian tengan menjadi lancar, tangan menopang kebawah berfungsi untuk relaksasi otot-otot bahu hingga ke bawah, selain itu rukuk adalah latihan kemih agar terhindar dari gangguan prostat.
  4. Gerakan i'tidal. Posisi tubuh : bangun dari rukuk, berdiri sempurna setelah mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu. Manfaat gerakan ini : sebagai latihan pencernaan, gerakan berdiri, rukuk, berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik, karena rangkaian gerakan tersebut bisa memijat organ-organ di dalam perut, dan pelonggaran secara bergantian.
  5. Gerakan sujud. Posisi tubuh : menungging, punggung lurus, lutut, kedua telapak tangan, dan dahi menempel ke tempat sujud. Manfaat gerakan ini : aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisamengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. sikap tubuh ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
  6. Duduk.Posisi duduk dalam sholat terbagi menjadi dua yaitu duduk iftirosy (tahiyat awal) dan duduk tawaruk (tahiyat akhir) manfaat gerakan ini : Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ( urethra ), kelenjar kelamin pria ( prostata ) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, sikap tubuh irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
  7. Salam. Posisi tubuh : memutar kepala ke arah kanan dan kiri manfaat gerakan ini : Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
Demikian tentang manfaat dari gerakan sholat, akan lebih terasa manfaatnya jika saat melaksanakan dengan tuma'ninah (tidak terburu-buru) dan khusyu', semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda