Minggu, 16 Juni 2013

DAMPAK BURUK POLUSI BAGI KESEHATAN


polusi dari asap pabrik
polusi dari asap kendaraan
Di era global sekarang ini kemajuan teknologi sangat pesat, di Indonesia khususnya ditandai dengan banyak bermunculannya investor-investor asing yang berlomba-lomba mendirikan perusahaan besar di negara kita, semakin lama semakin banyak industri dan pabrik-pabrik besar yang bersaing guna memperoleh pasaran di Indonesia, mereka saling bersaing memamerkan teknologi dalam setiap produk mereka agar terus di cintai masyarakat. Namun tahukah anda bahwa semakin lama pembangunan yang dilakukan mempengaruhi kualitas udara yang kita hirup setiap harinya. Kualitas udara saat ini semakin kurang baik, dikarenakan banyaknya polusi udara disana-sini, apakah berdampak peda kesehatan? tentu saja, bagaimana kita bisa yakin sehat , kalau setiap harinya kita menghirup udara beracun yang terkontaminasi oleh timbal dan timah hitam, maka tak jarang polusi udara ini dituding sebagai biang keladi munculnya penyakit-penyakit berbahaya karena radikal bebas yang di hasilkan. Polusi yang ditimbulkan pabrik atau oleh asap kendaraan tak hanya membuat paru-paru menghitam juga membuat kinerja jantung menjadi rewel bahkan bisa menurunkan tingkat kecerdasan, hal ini sudah dibuktikan oleh seorang peneliti di jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Kebangsaan Malaysia bernama Dokter Jamal Hisham Hashim, hal itu disebabkan timah hitam dan bahan beracun lainnya masuk ke dalam sistem pernafasan, lalu bercampur dengan darah, kemudian darah yang sudah terkontaminasi ini mengalir ke seluruh tubuh termasuk sistem syaraf maka ada kemungkinan oksigen yang berfungsi memberi makan sistem ayaraf juga ikut teracuni pada akhirnya kecerdasan akan mengalami penurunan, polusi juga menyebabkan ispa bahkan sampai kematian. Menurut data WHO setiap tahun setidaknya ada 3 juta orang meninggal dunia karena polusi udara atau sekitar 5% dari 55 juta kematian setiap tahunnya di seluruh dunia. 5 dari 15 kota di dunia yang paling tercemar di temukan di asia posisi teratas diduduki oleh :
  1. Katmandu, Nepal
  2. New Delhi, India
  3. Jakarta, Indonesia sama dengan chongqing Cina
  4. Kalkuta, India 
Banyak yang harus di koreksi di negeri kita tercinta, namun kita bisa mulai menjaga udara kita dengan :
udara bersih meningkatkan
kualitas kesehatan
  • Memelihara lingkungan sekitar                                                      
  • Menanam pohon 
  • Menggunakan masker ketika berkendara
  • Mendidik diri agar tidak buang sampah sembarangan
  • Matikan mesin ketika di trafic light sampai setidaknya kurang 20 atau 10 detik sebelum hijau (agar bbm juga irit)
  • Bagi pengguna kendaraan bermotor, jangan lupa servis rutin setiap periodenya, kendaraan baru pun bila tidak pernah servis lama-lama berasap dan mencemari udara.
Mungkin itu dulu untuk saat ini, mulailah dari hal yang kecil sebelum hal yang besar, setidaknya hal yang kecil dilakukan oleh setiap orang di dunia maka akan terjadi perubahan yang besar, insya Allah jika dilaksanakan kualitas udara jadi lebih bersih, pelajar bisa terus berprestasi, dan juga kualitas kesehatan menjadi terjaga. Setiap dari kita pasti ingin menghirup udara yang bersih dan sehat, mari kita mulai wujudkan dari sekarang, dari diri sendiri dulu. Terima kasih atas kunjungannya. : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda