Rabu, 12 Juni 2013

TIPS SEDERHANA MENGETAHUI MADU ASLI







Saya ingin share kepada anda tentang bagaimana cara mengetahui madu asli secara sederhana, banyak sekali produk madu di negara kita ini, oleh karena itu muncul oknum tak bertanggung jawab mencoba membuat tiruan madu, dan itu cukup mengganggu para calon konsumen yang memang bertujuan mencari madu asli guna mengambil manfaatnya, adapun tips memilih madu asli secara sederhana : madu asli tak pernah di jual murah, coba ingat-ingat apakah anda pernah menjumpai madu seukuran botol sirup dan sudah diberi merk, katakanlah madu klengkeng dengan harga Rp.15.000,-/botol sirup atau Rp.25.000 untuk ukuran yang sama, jadi apakah itu madu asli? dari sini anda sudah dapat menilai sendiri, dan selanjutnya adalah madu asli jika di konsumsi rutin akan terasa khasiatnya, ini berbanding terbalik dengan madu palsu semakin dikonsumsi maka justru merugikan tubuh dikarenakan zat-zat yang menjadi campuran madu tersebut, selanjutnya pilih madu yang dijual di oulet atau toko madu yang terpercaya atau yang memang khusus menjual madu, kenapa demikian? kemungkinan adanya madu palsu itu sangat kecil sekali. Sederhana bukan? itu tadi baru tips memilih madu, sekarang kita bahas tentang cara mengetahui madu asli dari zat (madu itu sendiri), sangat banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang cara mengetahui madu asli dan tidak, dan tahukah anda bahwa ternyata mitos tersebut tidak bisa di pertanggung jawabkan alias tidak sepenuhnya benar, mari kita simak tips mengetahui madu asli secara sederhana : 
1
  1. madu asli bila di campur air dia tetap mengental dan mengendap di bawah gelas (tidak langsung larut dalam air) sedangkan madu palsu akan langsung larut di air.
  2. madu asli akan muncul buih kecil-kecil (lembut)yang banyak dan tak mudah hilang bila di goncang- goncangkan di dalam botol, adapun madu buatan alias palsu yang notabenenya adalah air gula, ketika digoncang di dalam botol, muncul buih manun cenderung lebih besar dan cepat hilang.
  3. 2
  4. yang paling akurat yaitu di uji di laboratorium, madu asli mengandung 2 enzim yang dominan yaitu enzim diastase dan enzim invertase, meski demikian setidaknya no.1 dan 2 bisa membantu untuk mengetahui secara sederhana dan cukup akurat keaslian madu tersebut, sebenarnya masih ada lagi cara lain namun masih cukup ribet menurut saya, yang jelas hindari mitos-mitos yang seperti berikut ini baca sekaligus bantahan dari pakar di bidangnya :
  • madu asli tidak di kerubungi semut - madu asli tetap di kerubungi semut, karena madu juga mengandung gula alami. Namun kandungan gula dalam madu asli yang dominan adalah glokosa dan fruktosa. Glokosa merupakan sumber energi untuk seluruh jaringan otot, sedangkan fruktosa akan di simpan di dalam hati sebagai cadangan untuk dimanfaatkan ketika dibutuhkan. Kandungan gula tersebut berbanding terbalik dengan kandungan gula di dalam gula pasir, gula aren dan sejenisnya, karena di dalamnya terkandung setidaknya 85-90% sukrosa yang jahat bagi tubuh bila di konsumsi terus-menerus. 
  • madu asli tidak mengristal atau beku bila disimpan di dalam lemari es atau frezer - Tidak jarang madu yang disimpan relatif lama akan mengkristal atau mengendap (seperti terjadi pada madu karet dan madu kaliandra) walaupun madu tersebut terjamin keasliannya. Pengendapan/ pengkristalan terjadi karena adanya perubahan kadar gula akibat proses fermentasi dan hidrolisis sukrosa oleh enzim invertase. Akibatnya, glukosa lebih tinggi dari fruktosa dengan suhu penyimpanan 18 derajat celcius dan kadar air madu yang rendah. Adapun proses pengendapan terjadi karena perbedaan berat jenis madu dari sumber nektar yang berbeda. Selain itu madu juga sering ditemukan ada yang kental dan ada pula yang encer, hal ini disebabkan oleh kadar air didalam madu yang sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca pada saat pemanenan madu itu sendiri. Dimana rata-rata kadar air madu di Indonesia berkisar antara 21 s/d 24 %, hal ini diakibatkan oleh karena iklim tropis yang ada di Indonesia yang curah hujannya masih sangat tinggi. Yang jelas pilih madu jangan yang hanya dilihat dari harga yang penting murah, karena madu asli tidak pernah di jual dengan harga murahan, pilih madu yang di jual di toko yang terpercaya, madu asli biasanya tidak di jual sembarangan di jalanan. Toko yang sudah terpercaya seperti: toko madu INDOALAM jl.kauman no.07, yang sudah teruji di laboratorium 100% keasliannya, mengutamakan kepuasan anda, dan selalu menjaga kepercayaan anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat : ).  
PRODUK MADU INDO ALAM.

Pusat madu hutan INDO ALAM menyediakan produk madu hutan Riau murni yang berkualitas dan teruji keasliannya, menyediakan juga madu murni penangkaran, yang diambil langsung dari petani dataran tinggi yang teruji kualitas dan keasliannya. Pusat madu hutan INDO ALAM hanya menjual madu murni dengan merk sendiri, tujuannya untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen.

MADU HUTAN 250 ML
Rp 35.000,-
MADU HUTAN 150 ML
Rp 22.000,-
MADU HUTAN 650 ML
Rp 80.000,-
MADU HUTAN 350 ML
Rp 45.000,-





Datang dan buktikan langsung sekarang juga Pusat madu hutan INDO ALAM alamat jl.Kauman no.07 (selatan masjid gede kauman) telp.083869677420-085328122124.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda