Kamis, 13 Juni 2013

TIPS AGAR KESEHATAN TETAP TERJAGA PADA SAAT PUASA

Bulan puasa akan tiba sebentar lagi, bulan yang penuh barokah ini akan datang mengunjungi kita lagi, sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Allah SWT karena masih di beri kesempatan untuk berjumpa dengan bulan penuh ampunan ini, oke apakah yakin anda sudah siap? kesiapan disini meliputi kesiapan jasmani dan rohani, karena di bulan inilah kita akan benar-benar ditempa sehingga menjadi orang yang lebih baik pada saat dan setelah bulan Ramadhan berlalu. Kesiapan jasmani adalah salah satu poin penting agar ibadah ini bisa berjalan dengan lancar, simak tips berikut ini :
  • JANGAN TINGGALKAN SANTAP SAHUR
Kebutuhan nutrisi saat puasa bermula dari sini, usahakan setiap kali akan puasa lakukanlah santap sahur, pilih menu yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti makanan yang mengandung karbohidrat, serat serta protein, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis pada saat sahur, karena akan menimbulkan keterusan dan rasa haus yang berlebih ketika berpuasa. konsumsi sari kurma atau air madu untuk menguatkan puasa lalu diteruskan dengan air putih itu lebih bermanfaat.
  • JANGAN TINGGALKAN OLAH RAGA
Setidaknya olah raga ringan tapi rutin setiap harinya, seperti berjalan santai mengelilingi lapangan 1-2 putaran cukup, usahakan jangan banyak tidur, apalagi setelah sahur, karena kalau terus-terusan di pelihara bisa jadi kebiasaan buruk yaitu malas, karena bisa jadi sholat subuh berjamaah jadi terlewat, selanjutnya tidur setelah makan akan mendorong makanan yang sudah ada di lambung naik ke kerongkongan beserta asam lambungnya bisa-bisa mual lalu muntah, dan itu sangat mengganggu kita. Sama halnya saat siang hari jangan terlalu banyak tidur karena akan mengurangi keberkahan ibadah kita.
  • JANGAN MENUNDA-NUNDA BILA SAAT BERBUKA SUDAH TIBA
Usahakan berbuka bila sudah tiba waktunya, awali berbuka dengan yang manis-manis, tujuannya adalah agar kadar gula dalam darah pulih kembali, makanlah yang ringan-ringan terlebih dahulu seperti kurma dan air madu, hindari konsumsi es berlebih karena akan membuat sirkulasi darah tidak optimal, selanjutnya makan berat lebih nyaman di kerjakan setelah sholat magrib. Makan secukupnya jangan terlalu kenyang karena masih ada sholat isya berjamaah dilanjutkan sholat tarawih.
  • JANGAN LUPA BANYAK KONSUMSI AIR PUTIH SEBELUM TIDUR
Selepas sholat isya maupun tarawih perbanyaklah konsumsi air putih guna menghindari dehidrasi dan melancarkan peredaran darah, selingi juga dengan konsumsi sari kurma maupun air madu dilanjutkan tidur secukupnya hingga bangun pagi melaksanakan ibadah sahur badan sudah fit, dan siap berpuasa.

Kesiapan rohani pun tak kalah penting berpuasa itu tidak sekedar menahan lapar dan dahaga, namun pandangan, ucapan, pendengaran, serta sikap juga harus dijaga, butuh kesiapan mental yang benar-benar kuat, maka dari itu siapkanlah mulai dari sekarang, dengan belajar berpuasa sunah, insya Allah pada waktu bulan ramadhan sudah terasa ringan hingga hari kemenangan tiba. selamat mencoba. : )
Jika butuh kurma, sari kurma, atau madu bisa pesan lewat saya juga lhoo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda