Kamis, 27 Juni 2013

MANFAAT BERJALAN KAKI DI PAGI HARI


Kebiasaan berjalan kaki di pagi hari termasuk dalam usaha menjaga kesehatan tubuh, meskipun terlihat sederhana, dan tidak perlu keluar biaya alias gratis, namun sering dirasa berat bagi sebagian orang, padahal tahukah anda manfaat berjalan di hari sangat besar, begitu juga  rutinitas seseorang yang melakukan jalan pagi setelah sholat subuh mempunyai banyak manfaat juga, meskipun hanya mengelilingi desa/kampungnya.
Berikut ini manfaat rutinitas berjalan kaki di pagi hari :
  • Menurunkan Berat badan
Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang, berat badan berlebih adalah hal yang paling di takuti setiap orang, karena berbagai penyakit kronis yang ditimbulkan karenanya, melakukan rutinitas jalan pagi adalah solusi problem ini, karena jalan pagi mampu membakar kalori dalam tubuh, karena semua otot bergerak dan akan lebih efektif lagi dengan ditambah speed atau jalannya lebih dipercepat.
  • Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah rapuhnya tulang disebabkan massa tulang rendah dan mikro arsitektur tulang yang lemah selain itu osteoporosis juga mempunyai ciri kualitas jaringan tulang yang rendah untuk, bisa bertahan dari ancaman osteoporosis tak hanya konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D saja tapi gerakkan badan dan kaki secara menyeluruh dengan cara jalan pagi, dan biarkan sinar matahari pagi menerpa tubuh sekitar 15 menit sehari, lakukan secara rutin agar tulang bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.
  • Mencegah Serangan Jantung
Serangan jantung adalah salah satu penyebab terbesar kematian manusia, kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? tiba-tiba jantung berhenti bekerja lantas berhenti pula kehidupan ini. Setiap orang berupaya untuk menghindari hal tersebut, bahkan biaya tinggi tak dipikirkan bila ingin menghindari hal tersebut, bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat maka berjalan kakilah setiap hari pagi atau sore hari secara rutin.Berjalan kaki secara cepat (tergopoh-gopoh) mampu mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut. Berjalan kaki secara cepat akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang dibutuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. Serangan jantung bisa anda hindari dengan olahraga berjalan kaki secara tergopoh-gopoh ( tidak pelan dan tidak terlalu cepat).
  • Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh

Berjalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar, dan memiliki kekebalan yang lebih baik daripada orang yang sedikit melalukan gerakan (jalan kaki). Dengan kondisi tubuh yang fit / bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Dengan berjalan kaki secara tergopoh-gopoh akan membuat tekanan darah anda menjadi rendah dan mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Berjalan kaki juga mampu menurunkan kolesterol, karena saat tubuh bergerak (berjalan kaki) maka kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat. 
  • Mencegah stroke
Pernahkah anda berpikir bahwa orang-orang zaman dulu lebih sedikit terjangkit stroke? Di antara beberapa faktornya adalah makanan dan pola hidup mereka yang berbeda dengan saat ini. Mereka (di zaman dahulu) hampir selalu berjalan kaki untuk bepergian kemana-mana karena alat transportasi belum ada, maka tubuh mereka lebih bugar dan terhindar dari penyakit stroke. Studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3.
  • Mencegah Diabetes ( Kencing Manis)
Kencing manis (diabetes) tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang gemuk. Nah, untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil anda bisa melakukan jalan kaki setiap pagi dan sore secara rutin. Menggerakkan badan secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula dalam tubuh sehingga anda tidak perlu minum obat diabetes lagi. Berjalan kaki yang dinyatakan mampu mencegah diabetes adalah dengan kecepatan 6 km/jam dan dilakukan selama 50 menit. (Study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).
  • Menghilangkan stres / depresi
Berjalan dapat membantu anda mengurangi stres karena masalah yang anda hadapi. Selama berjalan, rasa kekhawatiran anda tentang kehidupan sehari-hari akan berkurang karena otak melepaskan endorfin. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. 

Ternyata banyak sekali manfaat dari berjalan kaki setiap pagi, jadi mulailah melakukan jalan pagi secara rutin mulai esok pagi.

2 komentar:

silahkan tinggalkan coment anda