Selasa, 09 Juli 2013

TIPS AGAR TIDAK CEPAT LEMAS KETIKA PUASA

 

Mungkin tips ini yang saat ini paling anda butuhkan di bulan puasa seperti ini, namun sebelumnya anda jangan kaget ketika berpuasa mayoritas orang akan merasa lelah bahkan lemas, apa penyebabnya? ada banyak faktor diantaranya kondisi fisik dan pola makan, kalau lemas karena kondisi fisik yang kurang fit itu wajar, namun bila kondisi fisik oke namun kok malah lemas, barangkali dari pola makan saat sahur perlu di tinjau lagi.

Berikut ini tips agar tubuh tidak cepat lemas ketika puasa :

  • Usahakan jangan tidur setelah sahur, atau ketika siang jangan buru-buru tidur, enak sih, namun begitu bangun anda akan langsung merasa lemas, karena ion tubuh akan banyak keluar dan cairan dalam tubuhpun jadi cepat hilang, efeknya menjelang pukul 09.00 keatas anda akan merasakan lemas, haus serta lapar dan bisa jadi malas mengerjakan sesuatu.
  • Optimalkan konsumsi makanan mengandung karbohirat kompleks ketika sahur, karena karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang bagus bagi tubuh selain itu karbohidrat kompleks juga akan lama dipecah atau dicerna oleh gula darah, dengan demikian gula darah dalam tubuh akan tetap stabil.
  • Hindari makan gorengan ketika sahur, gorengan hanya menyebabkan pasokan energi tubuh berkurang selama puasa sehingga dapat menimbulkan ngantuk di siang hari.
  • Makan nasi putih, atau nasi merah ketika sahur, nasi akan menyebabkan anda kenyang lebih lama, dengan mengkonsumsi nasi putih ketika sahur maka anda akan bertahan dari rasa lapar selama 8 jam ke depan, agar bisa bertahan dari rasa lapar 10 jam kedepan cobalah konsumsi nasi merah, karena nasi merah penyerapan energinya lebih lambat ari pada nasi putih.
  • Kurangi konsumsi yang manis-manis secara berlebih, disamping akan memicu rasa haus, juga membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat, sehingga menyebabkan anda menjadi cepat lapar. Fungsi insulin sendiri adalah memasukkan gula dari dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh yang digunakan sebagai sumber energi, oleh karena itu makanan yang manis-manis hanya akan bertahan sebagai energi di dalam tubuh selama 2 jam, sedang kita berpuasa 14 jam berarti akan ada waktu 12 jam tubuh akan menjadi lemas.

Tips di atas tergantung kondisi fisik orang yang berpuasa, selemas apapun bertahanlah, niatkan untuk ibadah kepada Allah semata, insya Allah kuat dan mendapat pahala dari Allah SWT. Agar lebih kuat berpuasa konsumsi makanan dan minuman alami yang dapat menunjang ibadah anda seperti madu, sari kurma, kurma dan lain sebagainya. Terima kasih atas kunjungan di blog saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda