Minggu, 28 Agustus 2016

HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH # 5

MENJAGA POLA MAKAN

Dipagi hari rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam membuka sarapan pagi dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Pada dasarnya madu dapat menjadi obat berbagi macam penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan , madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.
"Minuman yang paling disukai Rasulullah adalah minuman manis yang dingin" (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi 'Umar, dari Sufyan, dari Ma'amar, dari Zuhairi, dari 'Urwah yang bersumber dari 'Aisyah r.a).
Masuk waktu dhuha Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam senantiasa mengkonsumsi 7 buah kurma ajwa'. rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam pernah bersabda, "barang siapa makan 7 butir kurma, maka akan terlindungi dari racun."

hal itu ternyata terbukti keyika seorang wanita yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khibar. racun yang tertelan oleh Rasulullah dinetralisir dengan kandungan zat-zat yang terdapat pada kurma. Salah seorang sahabat yaitu Bisyir ibu al Barra' yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal dunia, akan tetapi rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam selamat dari racun tersebut.

"Rasulullah bersabda : " Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi." (Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan. dari Abu Ahmad az Zubair, dan diriwayatkan pula oleh Abu Nu'aim, keduanya menerima dari Sufyan  dari Abdulah bin 'Isa, dari seorang laki-laki Syam bernama Atha', yang bersumber dari Abu Usaid r.a)

Pada waktu petang, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Rasululah shalallahu 'alaihi wassalam tak langsung tidur setelah makan, beliau berakifitas terlebih dahulu agar makanan cepat dicerna dengan baik oleh lambung. caranya bisa juga dengan shalat.



- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 1

HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 2

- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 3

- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 4

- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 5

- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 6

- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 7


- HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH  # 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan coment anda