Kamis, 05 Juni 2014

Mitos dan Fakta Madu Asli

     Kita telah ketahui bersama manfaat madu dan tak bisa dipungkiri disekitar kita banyak muncul mitos tentang madu asli yang membuat kita ragu dalam memilih madu, maka dari itu melalui blog ini akan coba kita bahas tentang mitos dan fakta tentang madu asli.



Mitos dan hal yang meragukan seputar madu :



  • Madu asli tidak dikerubungi semut : secara umum madu itu rasanya manis (kecuali madu mahoni/madu pahit) jadi tidak ada alasan untuk tidak dikerubungi semut kecuali dalam kondisi tertentu dimana hal ini bisa saja terjadi pada 1 jenis madu yang kita beli, penjelasan : madu asli itu mengandung gas atau madu itu ber-rasa asam dan pahit, madu yang rasanya manis pasti akan di datangi semut karena semut suka hal-hal yang manis. Kecuali madu itu mengandung kadar air yang sangat rendah semut akan datang tapi tak lama kemudian akan pergi lagi, dan kadar air madu di Indonesia tergantung dengan curah hujan yang turun di negeri ini, namun jangan khawatir nutrisi yg dikandung akan tetap utuh karena kadar air yg normal dalam madu sekitar 18%-20%.
  • Madu asli tidak tembus/rembes pada kertas koran : model tes semacam itu sah-sah saja, hanya perlu diketahui itu hanyalah uji tes kadar air pada madu, penjelasan : jika kadar air rendah maka tidak akan rembes pada kertas koran, dan sebaliknya jika kadar air tinggi tentu saja airnya akan memisah dari madu tersebut dengan kata lain akan rembes pada kertas koran.
  • Madu palsu itu ada campuran airnya : faktanya madu jika dioplos dengan air dan ditempatkan pada botol yang tertutup rapat maka 3hari kemudian akan tercium bau busuk yang menyengat, lain halnya dengan madu alami meskipun kadar air cukup tinggi (sekitar 20%) rasa dan aromanya tidak akan berubah, artinya oknum pembuat madu palsu benar-benar memalsukan seluruh bahan bakunya, dan jelas bahan baku utamanya adalah air, gula, dan zat kimia lainnya, bukan setengah madu asli lalu ditambah air.
  • Madu paling bagus diminum dicampur dengan air panas, ini juga mitos, karena jika madu dilarutkan pada air panas, maka nutrisinya akan hilang karena terurai dan menguap, lihat jika kita merebus sayur-sayuran terlalu lama, bukankah vitaminnya akan berkurang atau bahkan hilang?
  • Madu tidak boleh diaduk dengan sendok logam, ini mitos, karena sebagian masyarakat meyakini bahwa madu itu mengandung asam yang dikhawatirkan mampu membuat sendok logam menjadi korosi, dan menjadi bahaya jika dikonsumsi, penjelasan : ini hanya rasa ketakutan pada sebagian masyarakat, karena mengaduk dengan sendok logam sifatnya hanya sementara atau sekejap jadi tidak sampai menimbulkan korosi, namun memang lebih baik jika menggunakan sendok dari bahan lain seperti plastik dll yang tentunya dianggap tidak berbahaya.
  • Madu asli tidak membeku jika dimasukkan pada lemari pendingin, lagi-lagi ini hanya uji kadar air pada madu, namun tidak dipungkiri jika madu ini benar-benar palsu akan membeku sepenuhnya, namun jika madu asli reaksinya hanya akan lebih mengantal, mengkristal, atau beku pada sebagian kecil namun tidak seluruhnya, boleh dikatakan itu semua hanya pengaruh dari kadar air alami artinya tidak dicampur oleh manusia.
  • Jika dicampur air madu tidak akan langsung larut, pernyataan ini boleh jadi benar dan bisa jadi acuan karena memang madu asli lebih manis dan kental dari gula, dan madu yang benar-benar palsu (air gula) jika dicampur air akan langsung larut, namun pada dasarnya ini juga tes kadar air pada madu, namun rata-rata masyarakat puas dengan tes seperti ini, dan ini baik untuk dicoba.

produk madu INDO ALAM



Fakta tentang madu asli

  • Madu mampu membantu tubuh dalam membakar lemak, jadi madu cocok bagi anda yang sedang melakukan penyesuaian berat badan agar ideal berikut ini nilai nutrisi pada madu : Setiap1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,5751 susu, atau 1,680 kg daging. Madu memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan. Khasiat madu sangat berkaitan dengan kandungan gulanya yang tinggi, yakni fruktosa 41persen, glukosa 35 persen,dan sukrosa 1,9 persen. Kadar protein dalam madu sendiri relatif kecil, sekitar 2,6persen.
  • Madu bebas lemak alias sama sekali tidak mengandung lemak
  • Madu baik dikonsumsi penderita diabetes namun tentunya dengan takaran yg baik, karena semua hal yang berlebihan itu tidak baik, madu baik sebagai pengganti gula karena rendah sukrosa, sedang gula tebu sukrosa jauh lebih tinggi, disamping itu madu adalah mempunyai bentuk monosakarida yang mampu masuk dalam sel darah dengan baik sehingga mampu menambah energi, sedangkan gula tebu memerlukan insulin agar dapat berubah menjadi energi,
  • Madu tidak mengandung kolestrol
  • Madu lebih sehat dibandingkan dengan gula buatan, misalnya gula pasir. Ini benar, gula buatan dapat berakibat buruk bagi anda lebih dari yang anda ketahui. Contoh, gula dapat merusak gigi, sedangkan madu tidak sama sekali.
  • Madu yang mengristal karena disimpan pada lemari pendingin nilai nutrisinya tetap utuh.
  • Madu lebih manis dari gula buatan (seperti gula pasir)? Ya, ini adalah fakta. Madu memang lebih manis dari gula. Tetapi tidak semua madu manis, bergantung pada sumber bunga tempat lebah memanen nektar. Pohon-pohon tertentu menghasilkan madu yang rasanya pahit atau asam.
  • Madu asli jika dimasukkan pada botol berisi air, lalu dikocok-kocok maka akan muncul buih kecil yang halus dan awet, air gula akan menghasilkan buih besar dan segera hilang.


Cara tes madu asli paling aman dan akurat melalu uji laboratorium, dan membeli pada tempat terpercaya, dan jangan terkecoh dengan harga madu yang terlalu murah.Kiranya seperti itu sedikit hal yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang belum termuat silahkan ditambahkan di kolom koment. terima kasih

presented by : madu INDO ALAM alami, asli berkualitas, madu asli? pilih merk "INDO ALAM" →klikdisini←


2 komentar:

  1. trims infonya, jadi tau apa yg mesti dilakukan *mengaduk pake logam ato plastik nih* hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas dwi : pakai sendok logam maupun sendok plastik boleh, namun untuk menjaga kualitas nutrisinya tetap terjaga dengan baik baiknya gunakan sendok plastik, seperti halnya propolis pun demikian. cari madu hutan asli? kunjungi http://http://maduhutanindoalam.blogspot.com/

      Hapus

silahkan tinggalkan coment anda